Senin, 20 April 2015

Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuka Cabang Usaha

Ketika anda menjalankan sebuah usaha sendiri, pasti anda ingin usaha tersebut mampu berkembang dan menghasilkan keuntungan yang besar. Dan apabila usaha anda mulai berkembang, tentu permintaan pasar juga mengharuskan anda membuka cabang di berbagai tempat agar produk-produk yang anda miliki bisa tersebar secara merata dan memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan setia anda di berbagai daerah.
Namun dalam persiapan membuka cabang usaha, ada beberapa hal yang harus anda ketahui agar tidak mendapatkan masalah ketika cabang tersebut sudah di buka dan berimbas tidak optimalnya operasional cabang tersebut yang tentu akan merugikan anda.
Bagi anda yang mempunyai usaha berkembang dan berencana memperluas jangkauan target market anda dengan membuka cabang usaha di tempat-tempat yang berbeda, kali ini kami mempunyai beberapa tips yang sangat pas dan bermanfaat bagi anda. Simak ulasannya berikut ini.
1. Detail Budget
budget
Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah kondisi keuangan bisnis anda. Hitunglah dengan cermat jumlah anggaran yang akan dihabiskan untuk rencana pembangunan cabang baru tersebut. Jangan sampai stock keuangan anda menjadi “ngos-ngosan” dan bahkan mengganggu stabilitas perusahaan utama karena melaksanakan rencana ekspansi tersebut.
2. Lokasi Representatif
strategis

Unsur kedua yang mesti dipertimbangkan dalam pendirian cabang baru adalah letak lokasi. Apakah letak lokasi tersebut strategis dan representatif? Apakah letak lokasi cabang baru tersebut memiliki potensi pangsa pasar yang menjanjikan? dan seterusnya! Jika lokasi yang anda pilih terlihat potensial, maka rencana pengembangan usaha tersebut bisa “go action”!
3. Memiliki Calon Pimpinan untuk Operasional Cabang Baru
modern-one-man-istock_000003537496small1

Hal ketiga yang perlu anda pertimbangkan adalah ada atau tidaknya calon pimpinan (manager) yang akan memimpin kegiatan operasional cabang baru tersebut. Membuka cabang baru tak ubahnya seperti memulai awal usaha, sehingga diperlukan tim managerial yang handal untuk mencabai kestabilan. Jika anda telah memiliki kandidat terbaik, maka bersiap-siaplah untuk grand opening!
4. Mempunyai Mekanisme Kerja yang Jelas
mekanismer kerja

Punya cabang usaha baru tentu memerlukan kerja ekstra. Anda harus menentukan bagaimana sistem pengawasannya, menentukan bagaimana cara suplainya, dan sejenisnya. Perancangan sistem itu akan
membuat anda lebih terarah dalam pengembangan bisnis anda. Bila mekanisme yang anda susun diprediksi akan berjalan mulus, siap-siaplah untuk memantapkan rencana pembukaan cabang baru tersebut.
5. Pertimbangan Cara Ekspansi
ekspansi_bisnis0412

Untuk membuka cabang baru, ada beberapa pilihan yang bisa anda lakukan, misalnya mencari partner bisnis (investor) untuk pembiayaan pembangunan cabang baru tersebut, atau 100 persen dibiayai oleh perusahaan induk, atau juga anda bisa mempertimbangkan untuk mewaralabakan bisnis anda sebagai salah satu cara memperluas jaringan usaha.
Membuka cabang usaha memang merupakan cara yang ampuh untuk meluaskan jangkauan terget market bisnis anda yang juga akan berimbas pada bertambah besarnya pula keuntungan yang anda dapatkan. Namun jangan lupakan beberapa hal yang anda harus perhatikan di atas. Semoga bisa bermanfaat bagi anda.
Selamat mencoba, dan Sukses Selalu!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar