Selasa, 28 April 2015

Strategi Marketing Mulut ke Mulut (Word of Mouth)

Hampir semua orang setuju: Tidak ada iklan yang lebih baik daripada iklan mulut ke mulut atau word of mouth. Rekomendasi yang kamu dapat dari temanmu mengenai suatu barang, akan sangat berpengaruh terhadap keputusanmu untuk membeli barang tersebut.
Keahlian mempromosikan barang dari mulut ke mulut ternyata dijadikan salah satu strategi marketing yang ampuh. Keahlian bicara sangat dibutuhkan disini. Jika kamu merasa butuh untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan teknik penjualan dari mulut ke mulut, lakukan hal-hal dibawah ini:
1.Memasarkan kepada “influencer”
Setiap komunitas memiliki “influencer” yaitu orang yang sangat berpengaruh dalam menyebarkan trend dan informasi terkini. Orang tersebut tahu benar mengenai segala informasi mengenai bidan yang mereka gemari. Orang-orang tersebut juga senang menyebarkan informasi tersebut kepada seluruh orang.  Lalu, bagaimana cara menemukan sang ‘influencer”? Perhatikan semua orang yang memberi komentar di websitemu. Lalu lihat siapa yang paling aktif. Orang yang paling aktif tersebutlah yang biasanya merupakan influencer. Undang orang tersebut untuk bergabung di group bisnismu sehingga dia bisa menyebarkan informasi mengenai produkmu ke banyak orang nantinya.
ksbdksbfksbds
2.Memenangkan publikasi di media
Informasi yang ditemukan di media biasanya lebih memperbesar kemungkinan orang-orang tertarik untuk membeli suatu  produk. Kontak berbagai media dan coba diskusikan mengenai pemasangan iklan atau kesempatan untuk diliput.
3.Lakukan viral marketing
Pernahkah kamu menemukan sebuah ide yang ingin kamu komunikasikan kepada banyak orang teknik marketing mulut ke mulut? Viral marketing akan sukses ketika kamu memiliki topik yang memotivasi pelanggan untuk bicara dan mengutarakan apa yang dibicarakan kepada publik. Berikan infrastruktur seperti sebuah website yang akan menciptakan sebuah komunitas yang solid. Bangun viral marketing dengan berbagai kreatifitas yang menarik perhatian banyak orang. Misalnya, kamu bisa ajak orang-orang yang mendatangi websitemu untuk bermain sebuah game yang memiliki unsur promosi untuk bisnismu. Jika game tersebut banyak disukai orang, maka jangan heran apabila bisnismu sukses dikenal oleh banyak kalangan dalam jumlah besar.
Marketing Mulut ke mulut atau word of mouth tidak hanya dapat dilakukan dengan 3 hal diatas. Terdapat salah satu cara lagi yaitu dengan melalui email. Selain memberikan manfaat yang besar bagi kenaikan jumlah pelanggan, marketing dengan menggunakan email juga efektif dan sederhana untuk dilakukan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar