Jumat, 24 Juli 2015

Tips dan Trik Agar Pembeli Menghabiskan Uang Lebih Banyak Saat Berbelanja


Mempunyai usaha toko/supermarket dengan beraneka ragam barang belanjaan memang merupakan salah satu bidang bisnis yang sangat menguntungkan. Terlebih jika toko anda tersebut menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok, seperti makanan, bahan makanan/sembako, pakaian, dan juga alat-alat rumah tangga karena barang-barang tersebut selalu dibutuhkan setiap harinya.
Kebutuhan setiap pembeli tentu saja berbeda dengan porsinya masing-masing. Ada sebagian pembeli yang melakukan pembelian dengan jumlah yang sangat banyak sebagai kebutuhan pokok bulanan mereka, namun juga ada sebagian pembeli yang melakukan pembelian hanya dengan jumlah yang sedikit karena berbagai faktor.
Sebagai pemilik toko, tentu saja anda berharap agar pembeli yang datang ke toko anda tersebut bisa membeli dengan jumlah yang banyak bukan? Ternyata keinginan anda tersebut bisa diusahakan dengan menerapkan beberapa trik. Simak ulasannya berikut ini.
1. Memajang Tulisan “SALE” / DISKON
diskon

Berani memajag tulisan SALE ataupun DISKON dengan ukuran yang besar demi menarik pembeli masuk ke toko anda. Padahal hanya beberapa barang yang didiskon, sementara pembeli malah tergoda membeli barang yang tidak didiskon.
2. Troli belanja
troli belanja

Setelah pembeli masuk, pengelola supermarket menyediakan troli belanja dengan ukuran besar. Troli yang didesain tahun 1930-an ini memang sangat membantu pelanggan yang membeli barang-barang besar.
Pembeli akan merasa barang belanjaannya masih terlalu sedikit, sehingga mereka ingin terus menambah barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
3. Tata letak produk
tata letak

Di supermarket, produk-produk dengan marjin tinggi seperti bunga dan roti panggang dipajang di bagian terdepan agar pembeli bisa dengan mudah menemukan barang itu.
Bunga dan roti panggang juga di taruh di depan toko karena memiliki bau menarik yang bisa mengaktifkan kelenjar ludah sehingga bisa mendorong tangan pembeli memasukkan dua produk itu ke keranjang belanjaan.
Supermarket menyembunyikan produk susu dan kebutuhan dasar lainnya di tempat paling belakang sehingga memaksa pembelu pergi melalui seluruh toko untuk menjangkau barang-barang tersebut.
Toko menaruh produk unggulannya setara dengan mata pembeli. Untuk produk mainan atau makanan ringan dipajang setara dengan mata anak-anak. Ini bertujuan untuk menggoda anak-anak agar meminta orang tuanya untuk membeli. Pemilik toko juga menaruh barang agar terjangkau. Penelitian menunjukkan menyentuh suatu barang meningkatkan kemungkinan untuk membeli produk itu.
4. Warna
warna toko

Pemilihan warna ternyata juga mempengaruhi pembeli.  Orang-orang cenderung tertarik pergi ke toko berwarna hangat seperti merah, jeruk, dan kuning. Tetapi jangan lupa diselipkan warna dingin seperti biru dan hijau di dalam toko agar bisa mendorong pembeli menghabiskan waktu lebih banyak.
5. Musik
sensasi musik

Kerap kali alunan musik terdengar saat memasuki sebuah toko atau pusat perbelanjaan. Ternyata alunan musik juga mempengaruhi mood berbelanja. Studi menunjukkan alunan musik lambat membuat orang berbelanja dengan santai dan menghabiskan uang lebih banyak. Musik keras membuat pembeli malas lama-lama di toko sehingga tidak mempengaruhi penjualan. Sedangkan musk klasik mendorong pembeli memborong barang yang lebih mahal.
6. Ukuran Toko
luas toko

Ukuran toko juga tak kalah pentingnya. Di tempat-tempat yang terlalu ramai dan sesak, orang-orang menghabiskan waktu lebih sedikit untuk berbelanja, melakukan pembelian sedikit atau sesuai rencana dan merasa kurang nyaman.
7.  Diskon saat tertentu
batas waktu diskon

Beberapa mal kerap kali menggelar diskon gede-gedean dengan batas waktu tertentu. Taktik ini ternyata cukup efektif untuk meningkatkan keinginan konsumen membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu penting. Pembeli memutuskan membeli barang dengan satu alasan yaitu mumpung sedang ada diskon.
8. Kartu Member
kartu belanja

Sejumlah toko menyediakan kartu anggota kepada konsumennya yang telah berbelanja dalam jumlah tersebut. Dengan memiliki kartu tersebut, para pelanggan tergoda untuk datang kembali ke toko tersebut dan berbelanja lebih banyak demi mendapatkan poin yang bisa ditukar dengan hadiah.
Pembelian konsumen dengan jumlah yang banyak akan membuat anda mendapatkan keuntungan yang banyak pula yang akan membawa hidup dan usaha toko anda pada jalan kesuksesan. Jadi tunggu apalagi, segera terapkan beberapa trik di atas untuk meningkatkan penjualan pada toko anda dan raih keuntungan sebanyak-banyaknya.Selamat Mencoba dan Semoga Sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar