Kamis, 19 Februari 2015

Kesalahan Finansial Yang Harus Dihindari Pada Usia 20-an

Menjadi sesorang yang sukses pada usia muda tentu menjadi dambaan setiap orang. Memiliki pekerjaan tetap ataupun melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi menjadi pilihan yang sangat baik dan tepat untuk dilakukan. Terlebih jika anda telah mampu membiayai seluruh keperluan hidup anda dengan penghasilan anda sendiri, tentu akan menjadi sebuah prestasi yang membanggakan bagi diri anda maupun orang tua.
Namun itu semua bukanlah sebuah rencana yang anda bisa dapatkan dengan mudah tanpa tantangan, karena usia 20-an ialah masa dimana seseorang mengalami masa peralihan dari anak-anak, remaja, menuju dewasa dan masih meraba untuk menemukan jati dirinya. Tak sedikit anak muda yang justru jatuh dalam keterpurukan ekonomi pada usia mudanya akibat melakukan kesalahan finansial.
Bagi anda yang masih berusia 20-an tentu tidak ingin mengalami hal yang sama, maka anda harus mengetahui beberapa kesalahan finansial yang biasa terjadi pada usia 20-an tersebut. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Gegabah Memutuskan untuk Kredit Kendaraan Pribadi

Saat ini Kendaraan pribadi menjadi primadona bagi kaum anak muda, namun sebenarnya hal ini belum menjadi kebutuhan yang mendesak bagi anak muda, akan lebih baik jika uang tersebut di tabung terlebih dahulu dan tidak mengikuti gaya hidup anak muda lainya. kendaraan pribadi hanyalah keinginan bagi anak muda bukan kebutuhan, mereka cenderung membeli hanya untuk gaya-gayan yang bisa di pamerkan kepada teman-teman agar di anggap mempunyai bukti dari hasil kerjamu sendiri.

2. Gagal Mengontrol Pengeluaran Sosial

Salah satu kesalahan finansial lainya adalah gagalnya mengontrol pengeluaran sosial seperti terlalu boros ketika sedang berkumpul bersama teman-teman atau terlalu sering berlibur ke luar kota. Aturlah keuangan anda jangan sampai habis semua apalagi sampai tidak cukup, selama satu minggu pilih 2 hari saja untuk bersenang-senang dan sisanya isilah dengan kegiatan yang bermanfaat sekaligus tidak mengeluarkan biaya.

kesalahan-uang-smartasset

3. Sudah Mulai Berhutang Sejak Usia Muda

Usia muda memang masa-masa menyenangkan dan tentunya banyak godaan untuk membeli barang-barang yang terbaru demi gengsi semata, namun tahukah anda jika gaya hidup yang boros ini terus-menerus anda jalani maka besar kemungkinan anda akan terjerat kedalam hutang. Inilah kesalahan anak muda di usia 20-an yaitu berhutang, hal ini akan menjadi kebiasaan buruk hingga anda tua nanti. Lebih baik menabung sejak usia muda dan menekan diri sekuat mungkin terhadap godan untuk membeli hal-hal yang tidak perlu,. So, bedakanlah antara kebutuhan dan keinginan.

4. Tidak Punya Rencana Masa Depan yang Jelas

Di masa muda terkadang seseorang lupa untuk mengatur rencana masa depan mereka, di pikiranya hanyalah senang-senang saja. Anda akan kesulitan finansial di usia tua jika hal ini tidak anda ubah secepatnya, mulailah berpikir dan merencanakan untuk berinvestasi di usia muda agar tidak menyesal nantinya karena tidak selamanya anda akan bekerja.

5. Gampang Tergoda Iklan dan Punya Sifat Konsumtif

Anak muda memang sangat muda tergoda dengan iklan, apalagi barang-barang yang di tawarkan merupakan barang keluaran terbaru d masanya. Namun sebisa mungkin hindarilah prilaku konsumtif ini karena hanya akan merugikan diri sendiri dan membuat pengeluaran anda semakin membengkak.

Kesalahan-Finansial-Di-Usia-30-Tahun

6. Kuliah Tidak Dijalani dengan Serius Sekalipun Biayanya Sangat Besar

Pendidikan merupakan investasi untuk masa depan anda karena gelar sarjana yang di dapatkan akan berguna sebagai modal untuk mendapatkan pekerjaan di perusahan besar dan tentunya dengan gaji yang tinggi. Namun saat ini kita lihat banyak anak muda yang menyia-nyiakan pendidikan mereka dan tidak serius menjalaninya. Hal ini hanya akan menjadi penyesalan bagi anda di masa yang akan datang karena tanpa rencana karir yang jelas dan keseriusan menjalani kuliah maka kemungkinan dimasa depan anda akan mengalami kesulitan finasial dan kesulitan mendapatkan pekerjaan.

7. Tidak Menyiapkan Dana Darurat

Terkadang hal ini di anggap sepele oleh sebagian anak muda di usia 20-an , namun tahukah anda bahwa dengan menyiapkan dana darurat adalah cara paling aman untuk mengantisipasi kondisi tak terduga yang bisa terjadi kapanpun seperti mendadak sakit, di pecat dari pekerjaan dan lain-lain. Mulailah menyiapkan dana darurat sejak muda karena sangat bermanfaat di kemudian hari.

8. Nekat Menikah Walaupun Belum Punya Kemampuan Finansial yang Mumpuni

Menikah merupakan Ibadah dan pasti setiap orang menginginkan pernikahan, namun sebelum anda melangkah ke pelaminan pastikan jika anda siap secara mental dan finansial. Bagi anak muda yang menikah tanpa punya kemampuan finansial yang mencukupi maka hal ini merupakan suatu kesalahan, cobalah untuk meniti karir terlebih dahulu karena di usia 20-an biasanya usia produktif bagi anak muda.
Jika anda tidak ingin mengalami hal yang sama dan jatuh dalam keterpurukan ekonomi pada masa muda anda, hindarilah beberapa hal yang telah kami sampaikan berikut. Tetap percaya pada kemampuan diri anda, dan tidak kenal lelah dalam berusaha demi meraih kesuksesan diri anda. Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar