Kamis, 30 April 2015

Cara Mengenali Pelanggan Anda

Seberapa baik Anda tahu pelanggan Anda? Jika Anda berbisnis tapi Anda tidak pernah menjumpai pelanggan Anda mungkin itu akan sangat sulit bagi Anda untuk mengenali pelanggan Anda, dan itu akan menyebabkan mudah mengalami kasus penipuan jika Anda melakukan transaksi kredit dan jangka panjang dengan pelanggan Anda.Bagaimana cara mengenali pelanggan Anda? Kuncinya adalah untuk mengatur proses otomatis yang mengidentifikasi aktivitas yang mencurigakan. Berikut adalah beberapa cara agar Anda dapat mengenali pelanggan Anda untuk menghindarkan Anda dari kerugian:
1. Tangkap Sejarah Pelanggan Anda
Sangat banyak informasi yang harus Anda ketahui tentang pelanggan Anda, Anda harus sudah mendapatkan data pelanggan Anda saat transaksi yang sudah menjadi pegangan bahwa orang itu bisa menjadi pelanggan Anda.Bagaimana sikap pelanggan Anda dan urusan apa yang pelanggan Anda lakukan dalam bidang bisnis.
customer-2
2. Jeda Transaksi Mencurigakan
Jika ada suatu transaksi dan menurut Anda itu sangat mencurigakan Anda dapat memberikan jeda pada saat transaksi tersebut. Agar Anda tidak mengalami kesalahan saat transaksi itu. Jika Anda sudah merasa yakin pada pelanggan Anda maka Anda dapat melanjutkan transaksi itu.
3. Menyediakan Pengelola Pembayaran
Disaat Anda sedang menjalani project dengan pelanggan Anda, Anda dapat menyediakan pengelola yang mengurus semua transaksi pembayaran. Agar Anda dapat mengetahui perincian dan detail tentang apa yang harus dibayarkan. Agar pelanggan Anda tidak mencoba-coba untuk menipu detail pembayaran dan begitu juga Anda.
customer3
4. Rasa saling percaya
Ketika Anda sudah siap dengan berbisnis maka Anda memang sudah siap untuk mengambil resiko dan itu mengharuskan Anda untuk percaya kepada pelanggan Anda. Memberikan kepercayaan kepada pelanggan adalah salah satu kunci untuk kepuasan pelanggan Anda.
Itulah beberapa cara mengenali pelanggan agar Anda dapat memahami karakter pelanggan Anda, dan dapat menjalin kerjasama yang baik antara Anda dan pelanggan Anda. Karena menjamin hubungan yang baik itu akan mempengaruhi karir bisnis Anda. Anda akan merasa nyaman begitupun pelanggan Anda, pasti akan merasa nyaman dengan orang yang menjual apa yang dia butuhkan.

Selasa, 28 April 2015

Strategi Marketing Mulut ke Mulut (Word of Mouth)

Hampir semua orang setuju: Tidak ada iklan yang lebih baik daripada iklan mulut ke mulut atau word of mouth. Rekomendasi yang kamu dapat dari temanmu mengenai suatu barang, akan sangat berpengaruh terhadap keputusanmu untuk membeli barang tersebut.
Keahlian mempromosikan barang dari mulut ke mulut ternyata dijadikan salah satu strategi marketing yang ampuh. Keahlian bicara sangat dibutuhkan disini. Jika kamu merasa butuh untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan teknik penjualan dari mulut ke mulut, lakukan hal-hal dibawah ini:
1.Memasarkan kepada “influencer”
Setiap komunitas memiliki “influencer” yaitu orang yang sangat berpengaruh dalam menyebarkan trend dan informasi terkini. Orang tersebut tahu benar mengenai segala informasi mengenai bidan yang mereka gemari. Orang-orang tersebut juga senang menyebarkan informasi tersebut kepada seluruh orang.  Lalu, bagaimana cara menemukan sang ‘influencer”? Perhatikan semua orang yang memberi komentar di websitemu. Lalu lihat siapa yang paling aktif. Orang yang paling aktif tersebutlah yang biasanya merupakan influencer. Undang orang tersebut untuk bergabung di group bisnismu sehingga dia bisa menyebarkan informasi mengenai produkmu ke banyak orang nantinya.
ksbdksbfksbds
2.Memenangkan publikasi di media
Informasi yang ditemukan di media biasanya lebih memperbesar kemungkinan orang-orang tertarik untuk membeli suatu  produk. Kontak berbagai media dan coba diskusikan mengenai pemasangan iklan atau kesempatan untuk diliput.
3.Lakukan viral marketing
Pernahkah kamu menemukan sebuah ide yang ingin kamu komunikasikan kepada banyak orang teknik marketing mulut ke mulut? Viral marketing akan sukses ketika kamu memiliki topik yang memotivasi pelanggan untuk bicara dan mengutarakan apa yang dibicarakan kepada publik. Berikan infrastruktur seperti sebuah website yang akan menciptakan sebuah komunitas yang solid. Bangun viral marketing dengan berbagai kreatifitas yang menarik perhatian banyak orang. Misalnya, kamu bisa ajak orang-orang yang mendatangi websitemu untuk bermain sebuah game yang memiliki unsur promosi untuk bisnismu. Jika game tersebut banyak disukai orang, maka jangan heran apabila bisnismu sukses dikenal oleh banyak kalangan dalam jumlah besar.
Marketing Mulut ke mulut atau word of mouth tidak hanya dapat dilakukan dengan 3 hal diatas. Terdapat salah satu cara lagi yaitu dengan melalui email. Selain memberikan manfaat yang besar bagi kenaikan jumlah pelanggan, marketing dengan menggunakan email juga efektif dan sederhana untuk dilakukan. 

Sabtu, 25 April 2015

Cara Mempermudah Transaksi

Setelah melakukan pemasaran serta penawaran yang sangat menarik dan bisa dipercaya setelah itu yang harus kita lakukan ialah mempermudah jalannya transaksi. Dan transaksi merupakan tujuan utaman berhasilnya sebuah pemasaran, sungguh merupakan suatu hal yang mengecewakan dan sia-sia ketika kita memberikan penawaran dan orang tersebut telah tertarik akan tetapi ia tidak mau membeli produk kita dan melakukan transaksi.
Oleh karena itu kita harus memberi perhatian yang lebih pada proses terjadinya transaksi agar bisa mempermudah suksesnya proses transaksi tersebut. Dan ada baiknya jika anda mengetahui beberapa cara ampuh untuk mewujudkannya.
Empat Cara Bagaimana Mempermudah Transaksi?
1. Mempermudah Cara Pembayaran
– Menerima segala jenis pembayaran cash atau kredit, mata uang asing, debet, transfer.
– Mengijinkan cicilan / boleh mengangsur
– Memperkecil uang muka
– Tanpa uang muka
2. Mempermudah Cara Pemesanan
– Bisa pesan melalui : email, SMS, Fax, telepon, agen, sales, pelanggan yang suah beli, website, surat,
– Bisa beli langsung di tempat
3. Memberi Perintah Yang Jelas Apa Yang Anda Inginkan
Orang perlu diberitahu dengan jelas apa yang harus dilakukan. Anda harus singkat jelas dan padat dalam memberikan instruksi apa yang anda inginkan terhadap yang akan dilakukan si calon pembeli.
Contoh:
– Datang ke toko hari ini juga
– Telepon sekarang juga
– Klik tombol pesan
– Fax formulir pemesanan
– Email ke anda dalam waktu 24 jam untuk mendaftarkan diri
4. Mempermudah Cara Mendapatkan Barang/Jasa
– Bebas ongkos kirim
– Banyak distributor
– Ketersediaan produk/jasa
Keterangan : Kecuali anda menggunakan strategi keterbatasan,atau eksklusifitas.
Berikut adalah beberapa cara yang anda bisa lakukan guna mempermudah berjalannya proses transaksi yang anda jalani, sehingga perjuangan dan usaha anda selama penawaran serta pemasaran bisa berbuah manis dengan berhasilnya transaksi.
Jadi tunggu apalagi? Pelajari mulai dari sekarang, lakukanlah dan raih kesuksesan dalam setiap bisnis yang anda jalani. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Kamis, 23 April 2015

Bisnis Dengan Modal Kecil dan Mudah dijalankan

Sebuah bisnis identik dengan modal yang besar, namun tergantung dikelas mana Anda memulai bisnis, Contoh : Anda membuka sebuah bisnis online shop,bisnis ini tergolong bermodal kecil dibandingkan dengan offline shop, karna offline shop identik dengan adanya sebuah tempat yang harus Anda siapkan, Jika anda ingin menjalankan bisnis dengan modal kecil dan mudah dijalankan, kali ini laruno akan membahasnya, pada artikel kali ini ada beberapa bisnis yang tentunya hanya menggunakan modal yang kecil dan mudah dijalankan, berikut diantaranya,

1. Bisnis Pulsa Elektrik

Anda pengguna handphone? Pastinya punya ya atau ya, modern saat ini penggunaan handphone/ smartphone hamper setiap orang memilikinya. Bahkan anak kecil sekalipun mulai diberi akses untuk menggunakan perangkat tersebut, dan pada hakekatnya perangkat gadget tersebut membutuhkan pulsa, maka peluang dari bisnis ini sangat besar. Memulai bisnis jual pulsa saat ini sangat mudah hanya dengan modal Rp 100.000 – Rp 300.000 kita sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini.

2. Bisnis les private

lesprivatlaruno
Membuka sebuah bisnis memang tidak perlu mengeluarkan uang banyak, salah satunya bisnis les private, untuk membuka bisnis ini hanya bermodalkan kemampuan dalam bidang tertentu, namun tidak menutup kemungkinan dengan membuat jaringan yang luas, anda hanya perlu membuat ikatan kepercayaan dengan pelanggan dan tenaga kerja. Bila kita memiliki kemampuan dalam bidang tertentu. Dengan modal Rp. 100.000 bisnis ini pun bisa jalan, dimana modal tersebut digunakan khusus untuk alat registrasi anak les privat dan tenaga kerja guru serta brosur-brosur sebagai promosi bisnis ini. Anda tidak perlu menggunakan sebuah tempat, cukup datang ke rumah pelanggan Anda.

3. Bisnis Jasa design, editing foto, dan percetakan

desainer
Bisnis ini tidak diperlukan modal yang besar, karna bisnis ini hanya membutuhkan 80%  kemampuan pribadi dan sisanya tergantung pada software / system, Untuk membuka sebuah usaha percetakan digital atau digital printing, Anda tidak harus punya modal yang sangat besar. Kita bisa bermitra dengan pengusaha percetakan digital yang sudah berjalan. Dengan begitu Anda tidak memerlukan modal yang besar

4. Bisnis Reseller

Anda suka menjual barang? Tertantang dalam dunia marketing, Anda wajib menerapkan bisnis ini, Anda tidak perlu menyiapkan barang, Anda hanya perlu menjualnya saja, dengan begitu tidak adanya moda yang harus Anda keluarkan. Dengan system bagi hasil / hitungan komisi Anda akan mendapatkan keuntungan dari bisnis ini tanpa mengeluarkan modal Anda dapat menggunakan jaringan bisnis dan melakukan promosi, baik secara offline (melalui brosur) dan online ( melalui media social atau blog).

5. Peluang usaha menjadi penulis artikel di suatu blog (Online Freelance)

sosmed 1
Anda pengguna internet ? keseharian Anda didepan internet ? tidak ada salahnya mengeluti bidang ini, Bisnis ini mungkin hanya membutuhkan sedikit modal karena untuk biaya koneksi internet, namun bahkan gratis apabila anda menggunakan koneksi free wi-fi. Bisnis ini sangat cocok bagi orang- orang yang suka menulis namun kemampuan ini pun dapat diasah juga tentunya. Bayarannya pun dapat mencapai Rp. 5000 – 10.000 / artikel @ 300 kata.
Demikian beberapa bisnis yang dapat Anda jalankan secara mudah dengan modal kecil namun berpenghasilan besar, 

Ilmu Bisnis Berharga Dari Jokowi

Sebelum menjadi presiden Indonesia, Pak Jokowi adalah salah satu pebisnis furnitur yang hebat di Jawa Tengah. Ilmu bisnis yang ia milki tidak hanya membuat produknya laku di pasaran melainkan juga membuat perusahaannya memiliki sistem pengaturan internal yang berkembang dengan baik. Inilah poin-poin utama yang Pak Joko Widodo terapkan dalam usahanya yang tentu dapat dijadikan pelajaran berharga bagi para pelaku bisnis di Indonesia.
1.Sistem adalah hal terpenting
Menurut Jokowi, perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memiliki sistem yang baik pula. Jokowi mengatakan bahwa sistem adalah jantung perusahaan. Dengan sistem yang baik, maka perusahaan akan mampu memberi karyawannya peluang untuk berkembang yang pada akhirnya dapat memberi keuntungan lebih ke berbagai pihak. Pak Jokowi akan terlebih dahulu membuat sistem dan kemudian menerapkannya di perusahaan.
2.Melihat keadaan yang sebenarnya dengan mata sendiri
Salah satu hal yang begitu lekat dengan Pak Jokowi adalah kegiatan ‘blusukan’ yang kerap kali ia lakukan. Dengan ‘blusukan’ Pak Jokowi terjun langsung ke lapangan dan melihat secara nyata yang sebenarnya terjadi. Sebagai pengusaha, anda sangat dianjurkan melakukan hal ini karena bisa saja laporan yang karyawan anda buat mengenai kinerja di lapangan adalah salah. Hal ini penting dilakukan untuk mengerti benar apa yang sebenarnya terjadi sehingga perbaikan yang relevan pun dapat secara tepat dilakukan.
jokowi2
3.Rasa Cinta dari pelanggan Adalah Yang Utama
Biar Bagaimana pun SEMUA usaha ATAU Bisnis akan Kembali Lagi to pelanggan Jadi menumbuhkan rasa Percaya dan cinta Dari pelanggan Bisnis UNTUK kitd Adalah HAL Utama. Kesuksesan Bisnis furnitur Pak Jokowi berasal Dari Bagaimana besarbesaran Mampu memikat pelanggan UNTUK Mencintai produknya. Rasa Cinta tersebut tentu dibangun melalui Pribadi Pak Jokowi Yang JUGA sukses MEMBUAT pelanggan-pelanggannya merasa Nyaman. Selain ITU, UNTUK Membangun rasa Cinta dari pelanggan, Jokowi Sering kali memberikan Lebih Dari Yang Seharusnya.
4.Membangun rasa Percaya Diri Bagi karyawan
Kekuatan Besar Yang dimiliki Jokowi Adalah Bagaimana besarbesaran Mampu MEMBUAT orangutan Kembali bersemangat Bekerja Dan Ingin Maju. Pak Jokowi bahkan BERHASIL MEMBUAT Seorang pegawai Pemerintahan Yang mulanya malas Bekerja, Menjadi Rajin Dan bersemangat. Ilmu Motivasi Yang diberikan Jokowi Sangat Baik UNTUK Diposkan diterapkan para Pemimpin Perusahaan. Dari ilmu Pak Jokowi Adalah ilmu Yang membangkitkan Percaya Diri pãda karyawannya Yang MEMBUAT para karyawan merasa bahwa mereka orangutan pintar Yang Mampu membawa Kebaikan di Perusahaan.

Senin, 20 April 2015

Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuka Cabang Usaha

Ketika anda menjalankan sebuah usaha sendiri, pasti anda ingin usaha tersebut mampu berkembang dan menghasilkan keuntungan yang besar. Dan apabila usaha anda mulai berkembang, tentu permintaan pasar juga mengharuskan anda membuka cabang di berbagai tempat agar produk-produk yang anda miliki bisa tersebar secara merata dan memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan setia anda di berbagai daerah.
Namun dalam persiapan membuka cabang usaha, ada beberapa hal yang harus anda ketahui agar tidak mendapatkan masalah ketika cabang tersebut sudah di buka dan berimbas tidak optimalnya operasional cabang tersebut yang tentu akan merugikan anda.
Bagi anda yang mempunyai usaha berkembang dan berencana memperluas jangkauan target market anda dengan membuka cabang usaha di tempat-tempat yang berbeda, kali ini kami mempunyai beberapa tips yang sangat pas dan bermanfaat bagi anda. Simak ulasannya berikut ini.
1. Detail Budget
budget
Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah kondisi keuangan bisnis anda. Hitunglah dengan cermat jumlah anggaran yang akan dihabiskan untuk rencana pembangunan cabang baru tersebut. Jangan sampai stock keuangan anda menjadi “ngos-ngosan” dan bahkan mengganggu stabilitas perusahaan utama karena melaksanakan rencana ekspansi tersebut.
2. Lokasi Representatif
strategis

Unsur kedua yang mesti dipertimbangkan dalam pendirian cabang baru adalah letak lokasi. Apakah letak lokasi tersebut strategis dan representatif? Apakah letak lokasi cabang baru tersebut memiliki potensi pangsa pasar yang menjanjikan? dan seterusnya! Jika lokasi yang anda pilih terlihat potensial, maka rencana pengembangan usaha tersebut bisa “go action”!
3. Memiliki Calon Pimpinan untuk Operasional Cabang Baru
modern-one-man-istock_000003537496small1

Hal ketiga yang perlu anda pertimbangkan adalah ada atau tidaknya calon pimpinan (manager) yang akan memimpin kegiatan operasional cabang baru tersebut. Membuka cabang baru tak ubahnya seperti memulai awal usaha, sehingga diperlukan tim managerial yang handal untuk mencabai kestabilan. Jika anda telah memiliki kandidat terbaik, maka bersiap-siaplah untuk grand opening!
4. Mempunyai Mekanisme Kerja yang Jelas
mekanismer kerja

Punya cabang usaha baru tentu memerlukan kerja ekstra. Anda harus menentukan bagaimana sistem pengawasannya, menentukan bagaimana cara suplainya, dan sejenisnya. Perancangan sistem itu akan
membuat anda lebih terarah dalam pengembangan bisnis anda. Bila mekanisme yang anda susun diprediksi akan berjalan mulus, siap-siaplah untuk memantapkan rencana pembukaan cabang baru tersebut.
5. Pertimbangan Cara Ekspansi
ekspansi_bisnis0412

Untuk membuka cabang baru, ada beberapa pilihan yang bisa anda lakukan, misalnya mencari partner bisnis (investor) untuk pembiayaan pembangunan cabang baru tersebut, atau 100 persen dibiayai oleh perusahaan induk, atau juga anda bisa mempertimbangkan untuk mewaralabakan bisnis anda sebagai salah satu cara memperluas jaringan usaha.
Membuka cabang usaha memang merupakan cara yang ampuh untuk meluaskan jangkauan terget market bisnis anda yang juga akan berimbas pada bertambah besarnya pula keuntungan yang anda dapatkan. Namun jangan lupakan beberapa hal yang anda harus perhatikan di atas. Semoga bisa bermanfaat bagi anda.
Selamat mencoba, dan Sukses Selalu!!

Sabtu, 18 April 2015

Pengertian Resiko Dengan Beresiko

Salah satu langkah untuk menemukan jalur cepat finansial anda, mengetahui perbedaan pengertian antara risiko dan berisiko(Robert T. Kiyosaki)
Keterangan :
Sering orang mengatakan bahwa bisnis dan investasi adalah berisiko. Menurut Robert Kiyosaki bisnis dan investasi adalah tidak berisiko, yang berisiko adalah tidak mempunyai pengetahuan.
Menurut saya pribadi, risiko adalah konsekuensi negatif yang selalu ada dalam setiap tindakan ataupun setiap hal. Contohnya ketika anda duduk membaca artikel ini selalu ada konsekuensi negatifnya, entah besar atau kecil. Misalnya, konsekuensi besar walaupun kemungkinannya kecil, anda kejatuhan helicopter dan meninggal mendadak.Konsekuensi kecil misalnya sebelah anda kentut sedemikian sehingga anda mencium bau tidak enak.
Sedangkan berisiko menurut saya adalah konsekuensi negatif yang kombinasi antara besar kerugian dan besar kemungkinan terjadinya tidak bisa kita terima. Contohnya, misalkan kita memulai bisnis dengan menjual semua asset kita dan harus menjual semua harta kita dan masih hutang US$ I juta (9 milyar rupiah) kepada preman/mafia yang mengancam akan membunuh keluarga kita (bila kita tidak mengembalikan tepat waktu) ke dalam bisnis yang sama sekali kita tidak tahu dengan team yang sama sekali baru. Bisnis ini bagi kita berisiko. Tetapi semisal yang memodali adalah Bill Gates (Pemilik Microsoft) maka bagi Bill Gates bisnis 1-2 juta US$ adalah tidak berisiko, walaupun kemungkinan berhasil bisnisnya sangat kecil. Kenapa? Karena Bill Gates menyumbang 1 Milyar US$ untuk Aids saja tidak apa-apa. Jadi misalnya bisnis tadi bangkrut pun tidak berisiko bagi Bill Gates. Tetapi bagi orang yang menjual semua dan masih hutang kepada preman/mafia, maka bisnis tersebut adalah berisiko.
Dikatakan oleh Robert Kiyosaki “Saya sangat prihatin bahwa terlalu banyak orang menaruh perhatian pada uang bukan pada kemakmuran mereka yang terbesar yakni pendidikan mereka.” Intelegensi memecahkan masalah dan menghasilkan uang. Uang tanpa disertai intelegensi finansial akan segera habis.
Kita tentu pernah mendengar kisah tentang orang miskin yang memenangkan undian atau mendapatkan warisan hingga langsung kaya. Tapi dalam beberapa tahun kemudian mereka kembali miskin. Kenapa? Karena mereka tidak memiliki kebiasaan serta pengetahuan yang cukup untuk mempertahankan atau bahkan mengembangkan kekayaannya.
Jadi, sungguh berisiko apabila orang tidak meluangkan uang, waktu, tenaga serta pikiran untuk terus belajar bagaimana mencari, mengelola dan mengembangkan uang.