Affiliate merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang. Dalam posting terdahulu pernah saya sebut kalau affiliate program merupakan kunci sukses bisnis internet. Dan itu memang benar. Banyak pebisnis internet di seluruh dunia sukses berkat affiliate program. Kekayaan mereka dapat terkumpul dalam waktu relative cepat dibandingkan jenis bisnis online lainnya. Dan enaknya lagi, bisnis affiliate program-nya akan terus berkembang karena adanya dukungan para affiliate.
Namun begitu, tak sedikit ada yang masih bingung atau bahkan meragukan affiliate program. Mereka mungkin ragu gara-gara tak paham bagaimana bisa mendapatkan uang dari affiliate program.
Baiklah untuk mengurangi kebingungan atau kebimbangan itu, kali ini saya paparkan apa saja tipe atau pola mendapatkan uang dari affiliate program.
Secara umum, ada empat macam pola yang diterapkan merchant (pemilik produk/jasa) agar para affiliate bisa mendapatkan uang dari affiliate program yang diikutinya.
1. Pay per sale: pengunjung membeli produk/jasa yang ditawarkan oleh affiliate.
2. Pay per lead: pengunjung mengisi formulir online.
3. Pay per action: pengunjung mendownload, menginstal, atau menggunakan suatu produk/jasa.
4. Pay per click: pengunjung hanya mengklik link dan mengunjungi situs web merchant.
Bila lebih jelas, begini penjelasan lebih lengkapnya:
1. Pay Per Sale (PPS)
Pola ini yang paling banyak dipakai oleh affiliate program di internet untuk mendapatkan uang. Begitu ada pengunjung yang datang ke situs web merchant lewat link anda dan melakukan pembelian, maka anda mendapat komisi.
Pemberian komisinya ada yang menggunakan persentase, tapi ada juga yang menetapkan komisi dengan jumlah nominal tertentu. Untuk yang menggunakan pola persentase, biasanya dipakai oleh para merchant yang berbisnis retail (eceran). Sedangkan yang memberikan komisi secara flat dalam jumlah nominal tertentu biasanya dipakai merchant yang menjual web hosting, online dating, dan lainnya.
Kalau anda tanya pola mana yang lebih baik, menurut saya adalah yang menetapkan komisi berdasar persentase. Sebab ini lebih menguntungkan kedua belah pihak, baik merchant maupun affiliate. Merchant hanya cukup membayar komisi untuk setiap penjualan. Dengan iming-iming komisi yang cukup besar, para merchant bisa menggelorakan semangat affiliate untuk berpromosi. Sebaliknya, bagi para affiliate sangat berpeluang mengeruk banyak uang dari komisi yang diraihnya. Apalagi kalau pengunjung doyan berbelanja alias suka memborong produk, maka pasti si affiliate juga ketiban untung dengan mendapat komisi yang lebih besar.
2. Pay Per Lead (PPL)
Pola ini terutama banyak dipakai merchant yang berniat menggencarkan promosi. Biasanya cara ini lazim dipakai oleh para merchant di bidang asuransi atau pegadaian. Pada pola ini, affiliate mendapat komisi setiap pengunjung mengisi formulir online di situs web merchant.
Tapi yang perlu diketahui, merchant hanya akan membayar affiliate untuk data-data valid yang ditulis pengunjung. Jadi kalau misalkan datanya kurang valid atau bahkan tidak lengkap seperti tak ada nomor telepon dan alamat email, maka merchant tak akan membayar affiliate.
Namun secara umum, pola ini dilihat dari conversion rate-nya, jelas lebih bagus dibandingkan pola PPS tadi. Sebab pengunjung tak perlu membeli apapun. Mereka hanya mengisi formulir saja. Tentu bagi para affiliate lebih mudah untuk mencari pengunjung yang mau mengisi formulir daripada membeli produk. Namun juga perlu dimaklumi kalau komisinya pun biasanya tak sebesar pola PPS tadi.
3. Pay Per Action (PPA)
Pada pola ini, merchant memberi komisi kepada affiliate setiap ada pengunjung yang mendownload, menginstal, atau menggunakan produk/layanan merchant. Biasanya pola ini dipakai oleh merchant dari perusahaan software atau perusahan web service. Harapan merchant, dengan produknya dipakai banyak orang akan membuat perusahaannya menjadi pemimpin pasar.
4. Pay Per Click (PPC)
Pada pola ini, affiliate diberi komisi setiap ada yang mengklik link-nya. Sayangnya, kini pola ini sudah tidak dipakai lagi dalam dunia affiliate program.
Pasalnya, banyak sekali klik palsu yang membuat merchant merugi. Misal para affiliate mengklik sendiri link-nya. Atau juga bisa dengan bantuan software yang mengklik otomatis link. Karena itu pola ini kini tak lagi dipakai dalam dunia affiliate program. Tapi untuk advertising network seperti Adsense pola PPC ini masih dipakai.
Ya itulah sekilas pola-pola mendapatkan uang yang bisa anda terapkan kalau menjadi merchant, atau yang bisa anda raup kalau menjadi affiliate. Sekarang tak perlu bingung lagi bagaimana mendapatkan uang dalam affiliate program.
Yang penting anda segera tetapkan pilihan untuk ber-affiliate program. Dan kalau bingung melihat banyaknya pilihan affiliate program yang beredar di internet, baca panduan memilih affiliate program menguntungkan serta 9 langkah memilih affiliate program yang tepat.
Tak perlu tunggu besok untuk memulainya. Lakukan sekarang. Sebab kesuksesan anda di esok hari dimulai dari kerja keras hari ini. Mari mendapatkan uang dari affiliate program!
SUCCESS WORLD HEREAFTER. We live with what we get, and make a life by what we give
Jumat, 30 Mei 2014
Kamis, 29 Mei 2014
PATOKAN MEMBUAT SITUS WEB YG EFEKTIP
Anda berencana membuat Situs Web menjadi toko online? Atau sudah punya namun penjualannya tidak menggembirakan? Rasanya anda perlu tengok kembalisitus web anda. Dan perhatikan kesepuluh patokan situs web efektif di bawah ini, apakah sudah melekat di situs web anda.
Syarat agar situs web mendatangkan penjualan melimpah
Apa rahasia agar situs web mendatangkang penjualan yang melimpah? Untuk menghilangkan rasa penasaran anda, silakan langsung disimak.
1. Fokus di niche tertentu. Situs web anda perlu focus pada niche tertentu. Contoh yang baik misalnya seperti Arrahman Distro yang khusus menjual produk busana muslim.
2. Optimalkan SEO. Optimasi situs web anda seperti dengan menyiapkan title tags, meta description, meta keywords dan kode HTML yang dibutuhkan. Hal ini sedikit banyak ikut berperan mendongkrak posisi situs web anda di search engine.
3. Perbanyak keyword. Pada tiap halaman, isi dengan keyword utama dan tulis keyword antara 7 sampai 10 kali. Letakkan juga keyword sebagai anchor text.
4. Hindari memakai javascript dan frame. Penggunaan keduanya bisa menghambat spider search engine dalam mengcrawl secara sempurna seluruh isi situs web anda.
5. Konten prima. Lagi-lagi konten tetap jadi raja. Sekalipun itu dimaksudkan untuk toko online, konten yang memikat bisa menambah daya tarik produk anda. Sebagai contoh: umpamanya anda menjual produk obat pusing, anda mungkin bisa menulis “inilah ramuan yang disarikan dari jeruk nipis Gunung Ciremai dipadukan dengan garam pilihan dari Madura serta daun teh yang dipetik oleh tangan-tangan terampil di puncak Bogor. Dst… “ Di sini perancopywriting bisa menggugah sisi emosional dan logika calon pembeli.
6. Judul dan sub judul. Selain judul tambahkan sub judul pada tiap halaman. Tujuannya untuk meningkatkan perhatian pembaca.
7. Informasi seakurat mungkin. jelaskan spesifikasi, ukuran, jenis, bahan, atau apapun yang terkait dengan produk anda. Jelaskan dengan jelas.
8. Tes situs web di berbagai browser. Coba tes situs web anda di berbagai browser seperti FireFox, Opera, Internet Explorer, Chrome, dan lainnya. Pastikan tampilan yang anda harapkan terlihat di tiap browser. Selain browser, tes juga dnegan menggunakan layar komputer yang berbeda ukuran.
9. Tambahkan call to action. Orang sering lupa kalau tak diingatkan. Tambahkan pada akhir kalimat agar mereka segera melakukan pembelian.
10. Pelan tapi pasti. Mulai dari target yang kecil kemudian terus meningkat dan meningkat sampai akhirnya impian yang mungkin bahkan tak pernah anda pikirkan sebelumnya telah tercapai. Segera ACTION sekarang juga! Pastikan situs web anda memenuhi kesepuluh syarat di atas.
1. Fokus di niche tertentu. Situs web anda perlu focus pada niche tertentu. Contoh yang baik misalnya seperti Arrahman Distro yang khusus menjual produk busana muslim.
2. Optimalkan SEO. Optimasi situs web anda seperti dengan menyiapkan title tags, meta description, meta keywords dan kode HTML yang dibutuhkan. Hal ini sedikit banyak ikut berperan mendongkrak posisi situs web anda di search engine.
3. Perbanyak keyword. Pada tiap halaman, isi dengan keyword utama dan tulis keyword antara 7 sampai 10 kali. Letakkan juga keyword sebagai anchor text.
4. Hindari memakai javascript dan frame. Penggunaan keduanya bisa menghambat spider search engine dalam mengcrawl secara sempurna seluruh isi situs web anda.
5. Konten prima. Lagi-lagi konten tetap jadi raja. Sekalipun itu dimaksudkan untuk toko online, konten yang memikat bisa menambah daya tarik produk anda. Sebagai contoh: umpamanya anda menjual produk obat pusing, anda mungkin bisa menulis “inilah ramuan yang disarikan dari jeruk nipis Gunung Ciremai dipadukan dengan garam pilihan dari Madura serta daun teh yang dipetik oleh tangan-tangan terampil di puncak Bogor. Dst… “ Di sini perancopywriting bisa menggugah sisi emosional dan logika calon pembeli.
6. Judul dan sub judul. Selain judul tambahkan sub judul pada tiap halaman. Tujuannya untuk meningkatkan perhatian pembaca.
7. Informasi seakurat mungkin. jelaskan spesifikasi, ukuran, jenis, bahan, atau apapun yang terkait dengan produk anda. Jelaskan dengan jelas.
8. Tes situs web di berbagai browser. Coba tes situs web anda di berbagai browser seperti FireFox, Opera, Internet Explorer, Chrome, dan lainnya. Pastikan tampilan yang anda harapkan terlihat di tiap browser. Selain browser, tes juga dnegan menggunakan layar komputer yang berbeda ukuran.
9. Tambahkan call to action. Orang sering lupa kalau tak diingatkan. Tambahkan pada akhir kalimat agar mereka segera melakukan pembelian.
10. Pelan tapi pasti. Mulai dari target yang kecil kemudian terus meningkat dan meningkat sampai akhirnya impian yang mungkin bahkan tak pernah anda pikirkan sebelumnya telah tercapai. Segera ACTION sekarang juga! Pastikan situs web anda memenuhi kesepuluh syarat di atas.
Sabtu, 24 Mei 2014
Rahasia menjadi Internet Marketer
Mau tau rahasia menjadi internet marketer yang sukses? Jawabannya, apakah Anda sudah memiliki mindset pebisnis internet?
Maaf saya tanyakan ini bukan untuk mengetahui kepribadian anda. Saya bukan psikolog. Saya ingin mengingatkan anda bahwa mindset amat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis internet anda. Pikiran seringkali menentukan keputusan yang anda ambil. Bahkan pikiran anda juga mempengaruhi sikap anda dalam mengelola bisnis ini.
Misalnya seperti ini. Suatu saat anda ditawari seorang untuk menjadi marketer sebuah produk. Anda ragu karena produk itu belum terlalu laku di pasaran. Anda bertanya, apakah saya bisa memasarkan produk ini dengan sukses?
Dalam keadaan seperti ini, sikap anda sangat menentukan. Bagi anda yang berani, pasti akan berkata; ya, serahkan saja pada saya. Tapi jika anda ragu, anda akan berpikir tidak mampu, lalu berkata; maaf, sepertinya saya tidak mampu, sebaiknya anda cari orang lain.
Anda termasuk yang mana? Pertama atau yang kedua?
Jika anda termasuk dalam kelompok pertama, bersyukurlah, saya yakin anda akan mudah berkembang. Saya yakin anda mampu melejitkan bisnis internet anda. Tapi jika anda termasuk dalam kelompok kedua, anda akan kesulitan berkembang. Saat anda menolak peluang, sama artinya anda melewatkan kesempatan untuk maju.
Rahasia menjadi Internet Marketer yang sukses
Mungkin anda masih ragu karena belum pernah mengalami kasus seperti itu. Namun mulai sekarang anda harus belajar meniru para internet marketer yang sudah sukses. Saya yakin dengan meniru sikap mereka anda juga bisa sukses. Nah, inilah empat sikap yang umumnya dimiliki pemasar yang sukses.
1. Jangan cepat puas Bisnis internet ini sepenuhnya milik anda. Andalah yang jadi bosnya. Anda pula yang menentukan keberlangsungan bisnis ini. Jadi sikap anda akan sangat berpengaruh. Begitupun saat anda menikmati hasil bisnis anda. Banyak internet marketer terlalu cepat puas saat menikmati hasil tertentu. Mereka bangga dan sibuk menikmati hasilnya. Saya harap anda tidak bersikap seperti itu. Terlalu cepat puas akan membuat kreativitas anda mati. Karena itu, jangan terlalu cepat puas. Target anda masih terlalu jauh. Anggap saja hasil yang anda nikmati cukup sebagai pemacu agar anda terus mengekslorasi kemampuan anda.
2. Jadilah pribadi yang bertanggung jawab Apa saat ini traffic anda cukup ramai? Syukurlah jika pengunjungnya memenuhi harapan anda. Tapi bagaimana kalau tidak? Anda pasti akan bertanya; apa ada yang salah ya? Mana yang harus saya perbaiki? Pertanyaan ini harus membuat anda introspeksi. Jangan menyalahkan siapapun. Akuilah, perolehan ini memang karena anda kurang fokus mengembangkan bisnis ini. Nah, setelah anda sadar dimana kekurangannya, segera perbaiki. Jadilah pribadi yang bertanggung jawab, saya yakin anda akan mudah berkembang dan maju.
3. Jangan pernah menyerah Siapapun yang berhasil pasti pernah gagal, saya yakin itu. Saat anda mengelola internet marketing mungkin hasil yang anda capai belum memuaskan. Tapi jangan menyerah hanya karena itu. Internet marketer yang sekarang sukses juga pernah gagal. Tapi karena mereka tidak menyerah mereka bisa sukses. Maka, belajar dari kegagalan penting untuk kemajuan bisnis anda.
4. Mudah merespon perubahan Perubahan, terutama selera pasar, terus terjadi. Agar anda sukses anda juga harus responsif dengan perubahan. Setiap kali anda menemukan sesuatu yang baru anda harus menyikapinya. Nah, untuk bisa seperti itu anda harus peka. Lihat perubahan di sekitar anda. Pantau tren dan perkembangan bisnis internet. Kalau anda merasa ada hal-hal baru yang perlu anda terapkan, maka terapkan, jangan tunda lagi. Nah, inilah empat sikap internet marketer yang sukses. Tiru sikap mereka agar bisnis anda juga sukses. Jika mereka bisa, kenapa anda tidak? Jadilah internet marketer yang sukses!
1. Jangan cepat puas Bisnis internet ini sepenuhnya milik anda. Andalah yang jadi bosnya. Anda pula yang menentukan keberlangsungan bisnis ini. Jadi sikap anda akan sangat berpengaruh. Begitupun saat anda menikmati hasil bisnis anda. Banyak internet marketer terlalu cepat puas saat menikmati hasil tertentu. Mereka bangga dan sibuk menikmati hasilnya. Saya harap anda tidak bersikap seperti itu. Terlalu cepat puas akan membuat kreativitas anda mati. Karena itu, jangan terlalu cepat puas. Target anda masih terlalu jauh. Anggap saja hasil yang anda nikmati cukup sebagai pemacu agar anda terus mengekslorasi kemampuan anda.
2. Jadilah pribadi yang bertanggung jawab Apa saat ini traffic anda cukup ramai? Syukurlah jika pengunjungnya memenuhi harapan anda. Tapi bagaimana kalau tidak? Anda pasti akan bertanya; apa ada yang salah ya? Mana yang harus saya perbaiki? Pertanyaan ini harus membuat anda introspeksi. Jangan menyalahkan siapapun. Akuilah, perolehan ini memang karena anda kurang fokus mengembangkan bisnis ini. Nah, setelah anda sadar dimana kekurangannya, segera perbaiki. Jadilah pribadi yang bertanggung jawab, saya yakin anda akan mudah berkembang dan maju.
3. Jangan pernah menyerah Siapapun yang berhasil pasti pernah gagal, saya yakin itu. Saat anda mengelola internet marketing mungkin hasil yang anda capai belum memuaskan. Tapi jangan menyerah hanya karena itu. Internet marketer yang sekarang sukses juga pernah gagal. Tapi karena mereka tidak menyerah mereka bisa sukses. Maka, belajar dari kegagalan penting untuk kemajuan bisnis anda.
4. Mudah merespon perubahan Perubahan, terutama selera pasar, terus terjadi. Agar anda sukses anda juga harus responsif dengan perubahan. Setiap kali anda menemukan sesuatu yang baru anda harus menyikapinya. Nah, untuk bisa seperti itu anda harus peka. Lihat perubahan di sekitar anda. Pantau tren dan perkembangan bisnis internet. Kalau anda merasa ada hal-hal baru yang perlu anda terapkan, maka terapkan, jangan tunda lagi. Nah, inilah empat sikap internet marketer yang sukses. Tiru sikap mereka agar bisnis anda juga sukses. Jika mereka bisa, kenapa anda tidak? Jadilah internet marketer yang sukses!
Jumat, 23 Mei 2014
Iklan di Google Vs Iklan di Facebook
Beriklan adalah salah satu kunci dalam marketing. Tak terkecuali di internet marketing, memasang iklan untuk produk/jasa anda menjadi hal penting untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan, serta meningkatkan brand awareness dan banyak lagi keuntungan lainnya.
Di internet, ada banyak pilihan tempat beriklan. Hampir semua perusahaan internet, mengandalkan iklan sebagai sumber uangnya, seperti Google, Yahoo, dan Facebook. Para raksasa itu menguasai pemasukan iklan internet di dunia.
Nah, di sini kita akan bandingkan iklan di google dan Facebook. Kalau anda berniat pasang iklan, yang manakah yang lebih bagus?
Pertama kali, sebelum anda putuskan beriklan, anda harus tahu benar siapa target market anda. Sebab tanpa itu, sangat mungkin iklan yang anda pasang justru akan tampil bukan pada target market. Akibatnya, konversi iklan menjadi tak bagus dan bisa jadi biaya iklan anda lebih besar dari penjualan yang dihasilkan.
Beriklan di Facebook maupun Google memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut ini penjelasan iklan di Facebook dan Google.
Iklan di Facebook
Iklan di Facebook menargetkan profile orang. Oleh karena itu, anda harus tahu betul siapa yang menjadi pangsa pasar anda. Sebab, iklan di Facebook bisa diatur berdasarkan usia, lokasi, status pernikahan, dan kesukaan profile pengguna Facebook.
Iklan hanya muncul di Facebook. Untuk jenisnya ada sponsored stories dan ada Facebook ads. Iklan bisa muncul di halaman utama (home), profile, page, group, event, dan lainnya.
Panjang teks iklan di Facebook bisa sampai 135 karakter serta dapat ditambahkan gambar. Secara karakter, ini lebih panjang dari jumlah karakter iklan di Google Adwords.
Dari segi biaya, secara relatif, iklan di Facebook lebih murah dibandingkan di Adwords Google. Namun demikian sistem bidding juga tetap berlaku seperti halnya di Google Adwords.
Tersedia Ads Manager untuk memantau performa iklan anda.
Iklan di Google
Kata kunci (keyword) menjadi hal penting dalam pemasangan iklan di Google. Pemilihan kata kunci yang tepat sangat berpengaruh pada tercapainya performa iklan yang maksimal. Oleh karena itu, riset keyword menjadi sangat penting sebelum pasang iklan di Google.
Di Google Adwords juga bisa dilakukan pengaturan, seperti berdasarkan jenis kelamin, usia, bahasa dan lokasi (berbasis alamat IP).
Selain bisa muncul di search engine Google, iklan yang dipasang juga bisa tampil di jaringan iklan Google, video, dan seluler.
Biaya iklan bergantung pada keyword yang ingin anda pasangi iklan. Ada keyword yang bertarif iklan tinggi, ada yang rendah. Dan sistem bidding juga berlaku di sini.
Tersedia tool (alat) untuk memonitor iklan.
Beriklan di Facebook atau Google memang berbeda. Keduanya memiliki karakteristiknya sendiri. Iklan di Google sangat bergantung pada pemilihan keyword, sementara iklan di Facebook menjangkau orang. Tentu juga pengaturan target iklan, copywriting iklan, dan landing page juga ikut berpengaruh terhadap keberhasilan iklan yang dipasang.
Yang mana yang terbaik? Tak ada jawaban pasti, sebab selain tergantung faktor-faktor di atas, juga bergantung pada niche dan target market anda tersebut.
Karena itu sebelum anda beriklan, sangat penting bagi anda untuk mengenali produk yang anda pasarkan dan siapa target marketnya. Di situ kuncinya.
Sabtu, 17 Mei 2014
Ide Usaha Sederhana yang Paling Berkembang di Indonesia
Tahun 2013 ditutup dengan munculnya berbagai inovasi usaha baru yang bisa menjadi tren di tahun 2014. Ada banyak inovasi di berbagai macam bidang usaha yang tidak membutuhkan biaya besar sehingga bisa dilakukan oleh banyak orang. Hal inilah yang membuat usaha sederhana ini cepat berkembang di Indonesia. Usaha-usaha apa sajakah contohnya? Berikut kami berikan ulasan tentang 5 usaha sederhana yang paling berkembang di Indonesia saat ini.
1. Usaha Bakso Granat
Bakso adalah salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Bentuknya yang bulat, proses penyajiannya yang cepat, rasanya yang enak, aromanya yang harum dan kecocokannya untuk disajikan saat udara dingin atau di malam hari membuat makanan ini semakin populer. Bakso ini dapat dijumpai di hampir semua tempat di berbagai penjuru Indonesia, mulai dari warung kaki lima sampai dengan pujasera (food court) di mal-mal.
Salah satu varian bakso yang sedang naik daun saat ini adalah Bakso Granat Mas Azis, yang dibuat oleh perantau muda dari Jawa yang memulai usaha baksonya di Palembang. Modal awal usaha bakso sebesar Rp38 juta ini digunakan untuk sewa tempat, membeli gerobak, perlengkapan warung bakso, alat-alat dan perlengkapan masak lainnya, papan nama neon box, papan menu, serta untuk biaya promosi. Ada hal yang unik dari bakso granat ini yaitu rasa pedas di dalam bulatan baksonya. Selama ini, belum ada bakso yang diisi dengan cabai karena persepsi umum bahwa bakso tidak cocok jika disajikan dengan rasa pedas.
Untuk melakukan edukasi kepada masyarakat yang umumnya adalah usia muda 15-25 tahun dan sebagai bahan riset pasar, Bakso Granat Mas Azis melakukan inovasi dengan menggabungkan konsep Bakso Kaget Pedas, Bakso Top, Restoran Lela, dan Mie SP Cirebon. Hasilnya saat ini omset Bakso Granat semakin naik dengan variasi nama menu yang berbeda yaitu Bakso Granat, Bakso Rawit, Bakso Lombok Ulek, Bakso Ranjau, BASOKA (Bakso Sama Cuka) dan yang tebaru adalah Bakso Bumerang (bakso dengan bumbu kacang).
Keunikan jenis bakso ini adalah bahwa setiap bakso granat memiliki asal-usul, misalnya menu Bakso Lombok Ulek yang berasal dari Jawa Tengah, karena kata ‘lombok’ yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti cabai. Untuk menunjang imajinasi orang tentang bakso ini, maka Bakso Granat mempunyai tingkat kepedasan, yaitu level 1, level 2, dan level geledek. Saat ini omset Bakso Granat sudah mencapai 4 juta per hari dengan marjin keuntungan mencapai 30% dari total omset.
2. Usaha Laundry Kiloan
Laundry awalnya merupakan layanan mewah yang hanya terdapat di hotel-hotel. Seiring dengan meningkatnya mobilitas seseorang, baik untuk urusan pekerjaan maupun kuliah, maka kebutuhan akan layanan cuci kering pakaian yang murah dan cepat semakin besar. Hal inilah yang mendorong munculnya bisnis laundry kiloan (layanan cuci, kering dan setrika dengan tarif berdasarkan berat cucian) yang ternyata semakin besar potensi pasarnya. Potensi terbesarnya adalah siswa sekolah, mahasiswa atau karyawan yang kos. Tarif sekitar Rp2,500-5,000 per kilo tentu saja sangat terjangkau bagi mereka yang kos dan menginginkan hal yang praktis.
Modal usaha laundry kiloan ini cukup murah, hanya sekitar 10 juta rupiah saja (di luar sewa tempat). Modal tersebut digunakan untuk membeli perlengkapan seperti mesin cuci, mesin pengering, seterika, etalase, meja, timbangan, deterjen, pewangi, dan pemutih. Beberapa jenis layanan dari laundry ini di antaranya adalah paket cuci+kering+setrika, paket cuci basah, cuci kering tanpa setrika, dan jasa setrika saja. Dengan asumsi pelanggan 15 mahasiswa di mana setiap mahasiswa mencuci pakaiannya seberat 3 kg per hari, Anda dapat meraup omset 6-7 juta per bulan. Jika dikurangi biaya 1 orang karyawan; air dan listrik untuk 1 mesin cuci dan 1 mesin pengering; serta deterjen, maka omset bersih bulanan yang bisa Anda dapatkan adalah sebesar Rp3,500,000. Tentu saja bisnis ini sangat menarik, karena Anda pasti mengetahui bahwa mahasiswa yang membutuhkan laundry tidak hanya 15 orang, namun bisa jadi ratusan orang, jika memperhitungkan persaingan bisnis dengan laundry lainnya, khususnya di kota pelajar seperti Yogyakarta, Malang dan Bandung.
3. Usaha Makanan Khas Indonesia, Leker Klenger
Kue Leker adalah sejenis makanan ringan khas Indonesia yang mempunyai sejarah panjang, yaitu sebagai menu santapan pagi yang disajikan ke penjajah Belanda kala itu. Namanya sempat jarang didengar dan kalah oleh burger, kebab, crepes, dan tempura, namun sejak 2013 sampai dengan sekarang nama Leker kembali populer dan banyak diminati oleh kalangan muda, seiring dengan keikutsertaan “Leker Klenger” di ajang Wirausaha Muda Mandiri. Kata klenger berarti kekenyangan, untuk memberi kesan kepada pembeli bahwa Kue Leker bisa memberi rasa kenyang, tidak seperti makanan ringan lain pada umumnya.
Pada umumnya kue leker mempunyai diameter sekitar 10 cm, namun untuk “Leker Klenger” ini didesain dengan ukuran jumbo, yaitu dengan diameter 35 cm. Ada banyak pilihan rasa mulai dari rasa manis buah pisang dan cokelat, strawberry, vanila, durian, blueberry, dan kopi. Untuk mengimbangi persaingan dengan makanan ringan dari luar negeri, kue leker ini dikemas secara modern seperti leker chillie dog, kornet, pizza, serta saus bolognaise untuk melayani pelanggan dengan berbagai selera.
Untuk memulai usaha Leker Klenger ini, Anda hanya membutuhkan modal sekitar Rp5 juta. Saat ini sudah banyak terdapat gerai Leker Klenger, mulai di pusat perbelanjaan hingga di beberapa gerai Indomaret. Jika Anda bisa menjual 30-45 leker per hari, dengan harga jual Rp4,000 per leker, maka Anda bisa mendapatkan omset Rp4-6 juta per bulan. Jika dikurangi dengan biaya operasional yang meliputi biaya bahan baku, gaji karyawan dan sebagainya, setidaknya untuk satu gerai Leker Klenger, Anda bisa mendapat untung sekitar Rp1,5 juta per bulan.
4. Usaha Pemasaran Online (Internet Marketing)
Ada banyak jenis bisnis online, dan hal ini mulai populer di Indonesia seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet yang didukung oleh membludaknya layanan internet murah. Saat ini bahkan hampir semua gadget dapat dikatakan terhubung dengan internet. Salah satu bisnis online yang sedang berkembang saat ini adalah bisnis penayangan iklan.
Anda nyaris tidak perlu modal untuk memulai bisnis ini. Anda hanya perlu sewa hosting dengan biaya sekitar Rp110,000–1,136,000 per tahun dan sewa domain sekitar Rp75-100 ribu per bulan per domain. Dengan cukup 5 domain saja, Anda sudah bisa menjadi penayang iklan online yang produktif. Tugas penayang iklan adalah membuat sebuah situs yang banyak dikunjungi pengunjung sehingga berpotensi menjadi media iklan yang produktif, dan Anda akan dibayar berdasar per iklan yang di klik oleh pengunjung. Saat ini ada ribuan penayang iklan yang menjalankan bisnis ini di seluruh Indonesia. Program yang paling populer di bisnis ini adalah Google Adsense. Penghasilan yang didapat juga cukup besar (biasanya dalam bentuk dolar US) mulai dari US$100-10.000 per bulan. Beberapa situs komunitas yang populer untuk bisnis ini adalah http://www.kaskus.co.iddan http://www.ads-id.com. Banyak perusahaan Informasi Teknologi baru (start up company) yang lahir dari bisnis ini.
5. Usaha Warung Kopi Giras
Usaha warung Kopi Giras dimulai dari Surabaya, dan saat ini sudah tersebar di banyak kota di Indonesia, umumnya dimiliki oleh pendatang dari Lamongan. Popularitas warung Kopi Giras naik cukup cepat sebagai tempat kumpul anak-anak muda dan masyarakat menengah ke bawah. Yang membedakan Warung Kopi Giras dengan yang lainnya adalah sajian khas pendamping mimum kopi mulai dari nasi sadukan (nasi bungkus porsi kecil yang diikat dengan karet) yang berisi lauk antara lain: telur dadar atau rebus yang diberi bumbu, ayam, daging, ikan bandeng, atau ikan tongkol. Paduan kopi panas, teh hangat, kopi susu, wedang jahe, susu jahe, minuman kemasan, ditambah kue-kue seperti onde-onde, kucur, perut ayam, ote-ote, tahu isi, tempe menjes, pisang goreng, tape goreng, telo goreng, tahu goreng, dan lain sebagainya semakin menambah khas suasana warung yang merakyat.
Hanya butuh modal sekitar Rp5-6 juta untuk memulai usaha ini. Modal ini digunakan untuk membuat rombong sekitar Rp1,500,000; membeli gelas, piring, mangkok, sendok sekitar Rp200,000; kompor dan tabung LPG seharga Rp300,000; terpal dan bangku Rp300.000; biaya operasional sekitar Rp1,000,000; serta sewa tempat per tahun sebesar Rp2,000,000. Menu pendamping minuman kopi berasal dari titipan warga sekitar dengan sistem bagi hasil. Selain menu di atas, masih ada menu makanan ringan seperti kripik, kerupuk beraneka rasa, kacang, blinjo, marning (jagung), kedelai, dan lain sebagainya.
Harga jual yang relatif murah yaitu hanya sekitar Rp1000-Rp2000 membuat Warung Giras semakin cepat berkembang. Dengan omset penjualan 100 porsi per bulan, setiap warung Giras rata-rata bisa menghasilkan keuntungan bersih sebesar Rp2,000,000-3,000,000.
Anda berminat memulai usaha seperti di atas? Semoga uraian di atas dapat memberi informasi tambahan yang berguna bagi Anda.
Jumat, 16 Mei 2014
4 Kunci Meningkatkan Penjualan dan Pertumbuhan Bisnis Internet Anda
Ingin meningkatkan omset penjualan anda? Berapa banyak yang anda inginkan? Dua kali lipat atau tiga kalinya? Ini sangat mungkin anda lakukan. Seperti yang juga pernah saya lakukan dengan melonjaknya penjualan sampai 500% yang saya sampaikan di Rahasia Blogging.
Meningkatkan omset penjualan sangat penting. Sebab dengan omset bertambah harapannya keuntungan juga meningkat. Keuntungan yang semakin besar itu akan membuat pertumbuhan bisnis internet anda semakin mantap.
Apa saja kunci meningkatkan penjualan?
Berikut ini saya jelaskan empat kunci yang bisa langsung anda terapkan dalam bisnis anda.
Kunci 1: Meningkatkan kualitas prospek
Makin baik prospek yang anda datangkan, makin besar peluang mereka membeli produk anda. Sebaliknya, kalau prospek anda “kurang bagus”, artinya peluang mereka untuk membeli juga semakin kecil. Biaya promosi yang sudah anda keluarkan akan terbuang sia-sia.
Seperti apa prospek yang bagus? Sederhananya yaitu mereka yang mau menjadi konsumen anda. Kalau lebih rincinya, jelas berkaitan dengan bidang bisnis anda. Karenanya anda perlu rumuskan siapa konsumen anda. Setelah anda tahu siapa konsumen anda, anda tinggal fokus mencari konsumen tersebut.
Kunci 2: Meningkatkan tingkat konversi
Sekalipun anda sudah menemukan prospek yang tepat, tapi kalau cara anda menawarkan keliru, prospek bisa kabur begitu saja.
Bagaimana meningkatkan konversi? Coba lihat bagaimana cara anda menawarkan. Lihat bagaimana sales letter anda. Seperti apa headline sales letter anda. Bagaimana customer support anda. Dan banyak lagi unsur-unsur lainnya.
Intinya: bagaimana cara anda berbicara dengan prospek anda.
Kunci 3: Menurunkan tingkat peluang kegagalan penjualan
Apa maksudnya? Sekalipun anda sudah mendapatkan prospek bagus seperti yang anda rumuskan, namun mereka masih memiliki kekurangan, misalnya karena tidak memiliki daya beli.
Bagaimana caranya? Anda pilah-pilah kembali prospek yang anda miliki. Anda coba jalin komunikasi di sana dan cari tahu apakah mereka memang berminat dengan produk anda. Contoh, kalau anda mau jual rumah di Bandung, anda cari prospek yang memang berminat untuk membeli rumah di daerah tersebut. Serta ketahui juga daya beli mereka.
Konsumen ideal itu punya dua kata kunci: mau dan mampu. Mereka mau memiliki produk anda dan mampu membelinya.
Kunci 4: Mempercepat waktu mendapatkan konsumen
Kalau anda bisa mendapatkan konsumen dalam waktu lebih cepat, artinya anda bisa mendapatkan konsumen lebih banyak lagi. Tantangannya adalah bagaimana membuat konsumen membeli lebih cepat. Bagaimana caranya? Simak di Inilah 10 Rahasia Menjual Produk Lebih Cepat.
Empat kunci meningkatkan penjualan di atas, kalau anda praktekkan secara kontinu, akan berdampak serius terhadap pertumbuhan bisnis anda. Buktikan!
Salam ACTION!
Kamis, 15 Mei 2014
Cara Sederhana Menghasilkan Uang dari Internet
Kalau anda ingin menghasilkan uang dari internet, anda harus belajar keyword. Jika anda bisa memetakan apa saja keyword yang membawa pembeli datang ke situs web anda, pasti anda akan dapat hasilkan uang dari internet. Untuk itulah perlunya dilakukan riset keyword. Riset keyword tersebut berguna antara lain untuk: Menemukan hot niche. Bahan menulis sales letter yang ampuh. Melakukan SEO website anda. Ide untuk membuat produk informasi. Jadi riset keyword banyak sekali gunanya. Bukan sekadar bermanfaat untuk SEO semata. Riset keyword berperan dalam banyak segi bisnis internet anda. Namun kadang bagi pemula tidak mudah untuk melakukannya. Riset keyword menjadi suatu hal yang sangat sulit dilakukan. Lantas bagaimana solusinya? Gunakan cara otomatis. Yang saya maksud dengan cara otomatis di sini adalah dengan menggunakan keyword tool. Ada banyak software atau tool keyword yang bisa membantu anda untuk melakukan riset keyword. Baik yang bisa anda pakai secara gratis ataupun berbayar. Kalau anda baru belajar bisnis internet, menggunakan Google Keyword External Tool, sudah cukup memadai. (Pelajari cara rinci penggunaannya di Mractionclub.com) Namun jika sudah agak mahir, anda bisa gunakan keyword tool tambahan lainnya. Dengan tool tersebut, anda akan lebih mudah untuk melakukan riset keyword dan mengumpulkan keyword yang sesuai dengan bisnis anda. Tambahkan cara manual. Cara manual ini akan melengkapi cara riset keyword yang anda lakukan agar lebih maksimal. Cara ini juga berguna untuk menambal kekurangan dari keyword tool yang ada. Bagaimana caranya? Misalkan keyword utama anda adalah “batik lasem”. Yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah mencari padanan atau keyword sejenis yang relevan dengan keyword tersebut. Anda bisa gunakan sinonim atau jenis batik lainnya seperti “batik pekalongan, batik surakarta, batik sumatera,” atau yang lainnya. Kemudian selain itu, anda bisa juga tambahkan kata tanya pada keyword tersebut. Sehingga akan terbentuk misalnya keyword “bagaimana cara memilih batik”, “bagaimana mengetahui batik asli”, “dimana membeli batik”, dan sebagainya. Anda bisa kreasikan sendiri keyword bisnis anda. Dengan begitu keyword untuk bisnis anda akan terkumpul. Gabungan dua cara melakukan riset keyword di atas juga akan membuat hasil keyword yang anda dapatkan lebih maksimal. Jadi, sudahkah anda melakukan riset keyword hari ini?
Langganan:
Postingan (Atom)